Senin, 26 Maret 2012

 
 
 
 
 
 
6 Votes
Adele Laurie Blue Adkins (ADELE)
Should I give up or should I just keep chasing pavements even if it leads nowhere..
Tahu lirik diatas? atau setidaknya pernah ngeh dengan lirik di atas? Saya rasa sebagai pencinta musik pastinya anda tahu lagu apa yang saya maksud. Ya, lirik tersebut diambil dari lagu..
Chasing Pavements milik penyanyi yang berasal dari daratan Inggris raya, Adele, yang dirilis tahun 2008 lalu. Jujur saya suka lagu Chasing Pavements karena kakak saya yang berprofesi sebagai penyiar radio selalu memutar lagu tersebut di-playlist-nya saat On Air. Pada saat itu saya tidak terlalu menggandrungi Adele dan sama sekali tidak tahu bagaimana appearance dari seorang Adele.
Pada akhir bulan februari kemarin tidak sengaja saya mendengar sebuah lagu berjudul Rolling in the Deep yang dinyanyikan Adele di sebuah radio dan langsung jatuh cinta dengan lagunya. Berkali – kali didengar lagu ini membuat saya ingin mengetahui siapa Adele sebenarnya dan saya terkejut ternyata Adele yang selama ini ada di kepala saya tidak seperti Adele yang sebenarnya. Dalam pikiran saya Adele adalah penyanyi kulit hitam karena suaranya yang soulful tapi ternyata seorang penyanyi kulit putih yang curvy dan umurnya hanya terpaut satu tahun lebih tua dari saya. Lagi – lagi saya tertipu, dulu saya pikir Amy Winehouse adalah penyanyi kulit hitam. Ternyata oh ternyata Adele itu imut sekali seperti Leighton Meester versi berisi, hehe.. Dan ternyata Adele pernah satu kelas dengan teman sesama penyanyi asal Inggris, Leona Lewis.
Adele: Amazing British Young Talent
Ternyata lagu Rolling in the Deep sudah dirilis sejak lama di daratan Eropa pada 29 November 2010 lalu dan menuai pujian dari pengamat musik. Saat membuka chart Billboard Top 200 Album minggu kemarin saya melihat album Adele yang berjudul 21 bertengger di posisi tersebut dan masih menjadi juara di minggu ini. Karena albumnya mampu merajai chart paling prestisius di dunia, saya jadi tertarik untuk mendengarkan seluruh lagu dari album Adele ini. Sebelumnya saya tidak pernah mendengar full album dari Adele jadi saya tidak bisa membandingkan karyanya yang sekarang dengan album debutnya dulu yang bertajuk 19.
Cover Album Adele 2
Album 21 berisi 11 lagu yang hampir semua lagu ditulis oleh Adele sendiri dibantu beberapa musisi – musisi papan atas asal Inggris seperti Ryan Tedder dari One Republic, Rick Rubin, Paul Epworth, dan lainnya. Talenta besar dari Adele sungguh patut diacungi jempol, Adele yang mengaku sangat terinspirasi oleh musik Spice Girls, Etta James, dan Peggy Lee ini mampu menulis lagu – lagu yang bagus dengan didukung suara unik yang soulful seperti perpaduan Keyshia Cole dan Tompi. Album 21 ini bernuansa campuran Blues, Soulful, Gospel, dan sedikit Country feel. Sangat mengejutkan memang di usianya yang baru menginjak 23 tahun, Adele bisa punya banyak referensi musik dan mengekspresikannya dalam bentuk musik yang dewasa dan berkualitas. Pasar musik yang sedang menggandrungi nuansa dance electropop terpaska harus sedikit melirik ke arah Adele yang ternyata sukses dengan jalurnyayang old fashion dan lebih organik.
Rolling in the Deep Cover
Ada beberapa lagu yang memang menjadi favorit saya dari album Adele ini. Pertama tentu saja Rolling in the Deep yang Adele deskripsikan sebagai “dark bluesy gospel disco tune” dan memang benar bernuansa gelap karena tema lagunya yang menggambarkan bagaimana sakitnya perasaan perempuan dipermainkan perasaanya oleh sang kekasih yang berselingkuh. Diawali dengan alunan gitar akustik lalu beat drum yang menghentak, backing choir di chorus yang ear-catching dan membuat kita ingin sing along dengan vocal Adele yang unik, ditambah dentingan piano yang menyatu dalam nuansa blues dan gospel. Sungguh menyenangkan.
Lagu kedua favorit saya adalah Rumor Has It yang diproduseri oleh Ryan Tedder. Lagu ini sangat tidak Ryan Tedder-ish sekali kecuali drum loop yang menghentak – hentak khas One Republic. Sungguh berbeda dari tipikal lagu karya Ryan Tedder yang pop seperti Halo milik Beyonce, Already Gone milik Kelly Clarkson, atau lainnya. Rumor Has It buat saya unik dari segi vocal arragement choir-nya, dicampur dengan feel blues dan soulfulnya Adele. Pada bagian bridge Rumor Has It menonjolkan sisi Blues-nya yang sangat keren.
Siapa yang tidak kenal lagu Lovesong milik grup band legendaris The Cure yang rilis di tahun 1989? Sebuah lagu yang evergreen dan edgy pernah juga dibuat cover version oleh group 311 untuk original soundtrack 50 First Date dan banyak musisi lainnya yang menyanyikan ulang lagu ini seperti Tori Amos, Blake Lewis, Death Cab for Cutie, dan lainnya. Di album ini Adele juga membawa kita bernostalgia kembali lewat lagu ini dengan nuansa Bluesy, lagu ini jadi lebih fresh untuk didengar.
Super Talented Adele
Introducing Ms. Talented: Ms. Adele
Lagu lainnya juga sangat enak didengar seperti Don’t You Remember yang bernuansa sedikit Country dan Ballad, He Won’t Go yang bernuansa R&B dan sedikit retro mengingatkan seperti gaya bermusik Alicia Keys, I’ll Be Waiting bernuansa Soul, Funk dan Gospel seperti lagu Soar milik Christina Aguilera di album stripped dengan sedikit sentuhan Macy Gray, dan tentunya yang akan menjadi single kedua dari album ini Set Fire to the Rain, sangat patut diacungi jempol dengan iringan piano dan drum lebih kental nuansa pop-nya.
Ya, keseluruhan album ini memang sangat saya rekomendasikan. Sebuah kualitas musik yang dewasa dari seorang penyanyi muda yang sangat berbakat dari Britania Raya. Mirip dengan pendahulunya Amy Winehouse dan Duffy yang sukses membawa old school sound a la eropa ke ranah pop di Amerika Serikat dan dunia. Tak salah memang album Adele ini menjuari Billboard Hot 200 Album Chart dan pada 2009 lalu memenangkan 2 Grammy Awards untuk Best New Artist dan Best Female Pop Vocal Performance. A Very worth to buy album. Mudah – mudahan label di Indonesia akan merilis album ini juga secara resmi.
Tracklist 21 by Adele:
1. “Rolling in the Deep” 3:48
2. “Rumour Has It” 3:43
3. “Turning Tables” 4:10
4. “Don’t You Remember” 4:03
5. “Set Fire to the Rain” 4:02
6. “He Won’t Go” 4:38
7. “Take It All” 3:48
8. “I’ll Be Waiting” 4:01
9. “One and Only” 5:48
10. “Lovesong” 5:16
11. “Someone Like You” 4:45
12. “If It Hadn’t Been For Love” 3:08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar